Yuk, Bantu Anak Belajar Membaca!

Kemampuan anak membaca merupakan salah satu faktor yang penting dalam perkembangan anak secara umum.

Kemampuan anak untuk membaca dapat membantu mereka untuk mempelajari hal-hal yang baru, membangun hubungan dengan lingkungan dan teman baru dan memancing rasa ingin tahu mereka untuk terus berkembang, bahkan sampai mereka sudah dewasa dan mandiri.

Membaca juga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk membangun hubungan antara anak dengan orang tua, dan dapat dilakukan supaya anak dan orang tua dapat saling belajar.

Kemampuan anak untuk membaca dapat dimulai dari usia satu tahun. Pada saat itu anak sudah dapat memahami beberapa kata. Ia juga sudah bisa menikmati cerita yang diceritakan oleh orang tua atau pengasuhnya, juga mampu memahami gestur dan suara yang datang dari lingkungannya.

Pada usia itu anak juga sudah mampu memberikan respons terhadap cerita seperti mengeluarkan suara saat cerita diceritakan, memberikan tepukan dan membantu membalik halaman buku cerita, dan menunjuk untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan cerita.

Baca juga  5 Kelompok Perlengkapan bayi baru lahir Yang Penting Dipersiapkan

Pada usia pre-school (sekitar tiga hingga empat tahun), anak sudah dapat dikenalkan dengan huruf, baik melalui belajar menulis dari huruf yang dicontohkan, menyanyikan lagu untuk mengenalkan huruf, maupun mencontoh membaca dengan keras.

Kemampuan ini akan terus berkembang hingga pada usia sekitar tujuh sampai delapan tahun, anak akan sudah mampu untuk membaca buku Panjang secara mandiri, membaca dan memperbaiki tulisan mereka sendiri.

Untuk membantu mengembangkan kemampuan membaca pada anak, orang tua dapat melakukan beberapa hal, yang pertama adalah mengetahui lima komponen membaca yang penting untuk belajar membaca.

Kelima komponen tersebut adalah pengetahuan akan fonemis (phonemic awareness), suara (phonic), kelancaran, pengetahuan kata dan pemahaman bahan bacaan. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, orang tua dapat melakukan  permainan, misalnya menyanyikan lagu-lagu sederhana untuk mengenalkan anak kepada kata-kata, suara dan huruf, aatau bertanya mengenai anak mengenai cerita yang baru saja dibacakan.

Orang tua juga bisa mulai dengan mengembangkan minat anak untuk membaca. Misalnya dengan mengembangkan kebiasaan membaca cerita bersama, meminta anak untuk membaca cerita sederhana dengan keras dan mengajak anak untuk mengunjungi toko buku atau perpustakaan.

Baca juga  Mencegah Diare pada Anak

Orang tua juga bisa mengajak anak untuk mengeksplor berbagai macam bacaan sesuai dengan hal yang mereka sukai dan tahapan perkembangan mereka. Saat anak sudah memiliki minat, orang tua akan dapat dengan mudah membangun hubungan dengan buku dan bercerita.

Hal lain yang dapat dilakukan orang lain adalah berdiskusi mengenai buku yang baru saja dibaca oleh anak. Anak akan tertarik untuk mengeksplor buku yang berhubungan sehingga mereka dapat berdiskusi dengan orang tua dan menjelajahi ide yang ada dalam berbagai buku tersebut lebih dalam lagi.

Source

https://ahrc.eq.edu.au/ourservices/Documents/rc-parent-booklet.pdf

Zettler-Greeley, C.M. (2018). Reading Milestones (for Parents). Disadur dari: https://kidshealth.org/en/parents/milestones.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *