Mengenali Manfaat Proses Merangkak untuk Bayi

Perkembangan anak, terutama perkembangan fisik anak, merupakan hal yang sangat penting untuk diamati oleh orang tua baru. Perkembangan fisik anak dapat dilihat dengan keaktifan mereka untuk bergerak dan mengenali serta menggunakan tubuh mereka.

Kapan Anak Mulai Merangkak

Salah satunya adalah kemampuan anak untuk merangkak (crawling). Pada umumnya, anak akan mulai untuk merangkak pada usia tujuh hingga sepuluh bulan.

Biasanya sebelum mulai untuk merangkak, anak akan sudah mampu untuk melakukan gerakan-gerakan lain. Diantaranya adalah mengangkat kepala, menahan tubuh bagian atas (upper body) mereka dengan lengan dan tangan mereka, dan mampu untuk menggunakan kaki dan tangan mereka dengan stabil untuk menahan tubuh mereka dalam posisi awal untuk merangkak.

Untuk membantu anak melatih gerakan merangkak mereka, biasanya orang tua dapat membantu dengan meletakkan mainan atau benda yang dapat diraih oleh anak sebagai motivasi mereka untuk bergerak.

Pada usia satu tahun, anak sudah mampu untuk merangkak dengan lancar dan menguasai apa yang disebut dengan cross-crawling, atau menggerakkan satu sisi tangan dan kaki di sisi sebelahnya untuk dapat bergerak dengan baik.

Baca juga  Gejala Demam Berdarah Pada Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Merangkak

Setelah mengetahui apa itu merangkak dan kapan anak dapat mengembangkan kemampuan merangkak mereka, ternyata ada beberapa manfaat dari merangkak untuk perkembangan anak.

Manfaat pertama adalah membantu anak untuk membuat koneksi, dengan menyampaikan masalah atau hal bagi mereka untuk diselesaikan. Dengan melatih anak untuk merangkak, anak akan melatih kemampuan yang nantinya akan secara otomatis terbentuk.

Kemampuan otomatis ini kemudian dapat menjadi dasar untuk melatih kemampuan lain seperti berjalan. Kemampuan pembuatan koneksi ini juga membantu anak untuk membuat keputusan.

Anak akan mulai mengenali lingkungan sekitarnya, misalnya di mana anak dapat berhenti, berbelok, atau lingkungan mana saja yang akan berbahaya bagi mereka. Koneksi yang terbentuk dari hubungan dengan lingkungan sekitar dapat membantu anak mengenali bagian lingkungan apa yang dapat mereka datangi.

Melatih anak untuk merangkak juga dapat memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplor lingkungan mereka. Seperti berbicara dengan bayi dapat membantu mereka melatih kemampuan bicara, melatih anak untuk merangkak dapat membantu mereka mengenali apa saja yang ada di lingkungan mereka, dan melatih mereka untuk mencapai suatu lokasi di sekitar mereka.

Baca juga  Mencegah Diare pada Anak

Anak juga bisa mulai melatih hubungan sosial mereka dengan individu di lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Anak yang dapat merangkak dengan lancar akan mulai bergerak untuk mencari orang tua mereka dan juga mengembangkan kemampuan pemahaman anak akan suara dan gestur orang tua mereka.

Satu lagi kemampuan yang didapatkan dari melatih anak untuk merangkak adalah kemampuan emosi anak yang berkembang. Memberikan anak kesempatan untuk mengksplor lingkungannya secara mandiri dapat membuat anak lebih bahagia dengan lingkungannya.

Mendatangi lingkungan baru dapat mengembangkan rasa ingin tahunya, dan menemui lingkungan yang berpotensi berbahaya memberikan anak kesempatan untuk merasakan emosi sedih atau marah.

Manfaat ini tentunya berpengaruh terhadap perkembangan anak secara umum. Orang tua dapat memulai melatih mereka sejak usia tujuh hingga 10 bulan, sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan tahapannya.

Sumber

https://www.canr.msu.edu/news/why_crawl

Porretto, D. (n.d.). 7 Benefits of Crawling. Disadur dari: https://www.parents.com/baby/development/crawling/7-benefits-of-crawling/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *