Membantu Anak Mulai Bicara

Perkembangan anak tentunya sangat penting bagi orang tua, dan pola pengasuhan mereka. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kemampuan bicara anak.

Anak yang kemudian mampu untuk berbicara dan mengembangkan kemampuan berbahasanya dengan baik, lancar, dan sesuai dengan titik perkembangannya dapat dengan mudah berkomunikasi dengan lingkungannya.

Kemudahan komunikasi juga membantu mereka untuk belajar banyak hal baru. Baik hal-hal yang dapat membantu kemampuan akademis mereka seperti tata bahasa, menulis, membaca dan aritmatika. Maupun kemampuan hubungan sosial seperti bagaimana berteman dengan baik, hubungan anak dengan orang tua, dengan saudara sebaya mereka, dengan keluarga besar anak dan juga dengan lingkungan masyarakat anak.

Sebenarnya, kapan anak mulai mengembangkan kemampuan berbicara mereka?

Jawabannya sejak lahir, anak menangis untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka seperti rasa lapar, rasa lelah dan keinginan untuk ditemani oleh orang tua atau pengasuh.

Saat anak mencapai usia 6 bulan, dari interaksinya dengan orang tua dan lingkungan di sekitarnya, anak akan mulai mengenali suara-suara atau bunyi dalam bahasa ibu mereka. Hal tersebut menjadi dasar perkembangan kemampuan berbicara anak.

Baca juga  Bagaimana Mempersiapkan Anak di Era Millenial?

Pada usia 7 bulan hingga 1 tahun, anak mulai memahami kata-kata sederhana seperti “cangkir” (cup) atau “jus” (juice). Anak juga akan mulai menyebutkan kata-kata pertama mereka seperti “ayah” atau “ibu”.

Pada usia 1 tahun hingga 2 tahun, anak sudah mulai mampu untuk bertanya dengan kalimat sederhana. Anak juga akan mulai menikmati cerita sederhana dengan kata-kata yang sederhana.

Pada usia 2 tahun hingga 3 tahun, pada umumnya anak sudah mampu membentuk dan mengucapkan kalimat sederhana (misalnya dengan 3 kata) .

Pada usia 5 tahun, anak sudah mulai mampu bercerita secara sederhana dan menggunakan imajinasi mereka dalam bercerita.

Perkembangan bicara anak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terkait dengan perkembangan kemampuan lainnya. Pada umumnya, factor-faktor ini dapat dibagi menjadi faktor biologis anak dan factor sosial atau lingkungan.

Faktor pertama yang sangat berpengaruh adalah kondisi dan perkembangan biologis anak. Kemampuan kognitif anak yang berkembang dengan cepat dapat membantu anak memahami suara dan kata-kata yang diucapkan saat interaksi oleh individu di lingkungan sekitarnya.

Baca juga  Mengenali Manfaat Proses Merangkak untuk Bayi

Faktor kognitif juga berpengaruh pada anak-anak seperti anak dengan autisme dan anak dengan kemampuan bahasa tertentu. Gangguan pendengaran yang mungkin dialami anak juga akan mempengaruhi kesempatan anak untuk belajar.

Faktor kedua adalah kesempatan untuk belajar dan akses dari lingkungan sosial mereka. Misalnya jumlah dan jenis percakapan yang dimulai oleh orang tua dan pengasuh. Hal ini juga termasuk kualitas interaksi orang tua dan pengasuh dengan anak, besar-kecilnya keluarga anak, dan status sosial-ekonomi yang akan mempengaruhi kesempatan anak untuk belajar.

Berikut faktor yang secara umum dapat mempengaruhi perkembangan bicara anak. Orang tua dapat menyiapkan diri dan anak mereka dengan mengawasi perkembangan biologis dan memberikan lingkungan terbaik untuk anak supaya mereka dapat belajar dan berkembang.

Sumber

Johnston, J. (2005). Factors that Influence Language Development. Encyclopedia of Early Childhood Development, 1-6. Disadur dari: https://www.researchgate.net/publication/253184226_Factors_that_Influence_Language_Development

https://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/pediatrics/age-appropriate_speech_and_language_milestones_90,p02170

https://www.nidcd.nih.gov/health/speech-and-language Stanzione, C., Schick, B. (2014). Environmental Language Factors in Theory of Mind Development:Evidence From Children Who Are Deaf/Hard-of-Hearing or Who Have Specific Language Impairment. Top Lang Disorders, 34(4), 296-312. Disadur dari: https://alliedhealth.ceconnection.com/files/EnvironmentalLanguageFactorsinTheoryofMindDevelopmentEvidenceFromChildrenWhoAreDeafHardofHearingorWhoHaveSpecificLanguageImpairment-1415277273970.pdf

Baca juga  Mengenal Lebih Jauh Autisme pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *