Dukung Perkembangan Bayi Saat 9 Bulan dengan Makanan Berikut

Pada usia 9 bulan, secara umum bayi sudah mampu untuk merangkak dengan lancar. Beberapa bahkan sudah mampu untuk memegang mainan di satu tangan dan tetap mampu untuk merangkak dengan baik, dan juga sudah mampu untuk merangkak naik dan turun di tangga.

Selain itu bayi juga mampu untuk berganti posisi, misalnya berubah dari berbaring kemudian duduk, kemudian berganti posisi untuk merangkak. Beberapa mungkin sudah mampu untuk berdiri dan berjalan dengan bantuan barang-barang dan lingkungan di sekitarnya.

Kemampuan motorik halus bayi pada bayi 9 bulan juga sudah cukup baik. Bayi dapat mengambil barang-barang kecil dan sedang mengembangkan rasa ingin tahu terhadap lingkungan di sekitarnya, seperti pasangan yang cocok untuk potongan puzzle tertentu pada permainan puzzle sederhana, bagaimana memainkan telepon mainan dan memainkan buku mainan.

Perkembangan komunikasi bayi pada usia 9 bulan juga terjadi dengan cukup cepat. Bayi akan mulai mengoceh dengan tidak jelas. Beberapa bayi yang berkembang dengan cukup cepat sudah mulai mengucapkan kata-kata pertama mereka, seperti “Mama” atau “Dada”.

Baca juga  Bagaimana Mempersiapkan Anak di Era Millenial?

Bayi juga sudah mulai memahami pertanyaan dan permintaan, seperti memungut mainan ketika diminta. Bayi pada usia ini juga sudah mulai memahami gestur dan ekspresi wajah orang lain, beberapa bayi mampu untu menjadi lucu, membunyikan suara-suara yang mereka anggap dapat memunculkan tawa dari orang lain. Mereka mungkin akan merasakan kecemasan saat bertemu orang baru dan ingin lebih dekat dengan orang dewasa yang dikenali.

Dengan perkembangan ini, dibutuhkan makanan yang dapat  membantu bayi untuk berkembang, baik secara nutrisi maupun bentuk makanan yang dapat melatih anak untuk mandiri dan mengeksplor hal-hal baru di lingkungannya seperti makanan. Perkembangan gigi pada bayi usia 9 bulan mungkin belum sempurna, jadi dibutuhkan makanan yang tepat untuk bayi, sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Sayuran kukus

Pengenalan sayur yang menarik dan memiliki warna yang beragam, seperti kentang dan wortel dapat menarik perhatian bayi untuk mengeksplor hal baru tersebut. Selain bernutrisi tinggi, mengenalkan sayur dapat melatih kemampuan motorik halus anak, mengenalkan hal baru pada anak, dan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang dewasa dan anggota keluarga lain. Untuk menjaga keamanan makanan untuk bayi, disarankan untuk memasak sayur, salah satunya dengan cara dikukus.

  • Pasta dan nasi
Baca juga  Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Makanan lembut seperti pasta dan nasi dapat menjadi salah satu tahapan untuk mengenalkan makanan padat di tahapan perkembangan berikutnya. Salah satunya adalah mencampurkan nasi atau pasta dengan makanan bayi yang sebelumnya biasa dikonsumsi.

  • Keju cottage

Keju dengan rasa dan tekstur yang lembut seperti keju cottage dapat menjadi pilihan makanan untuk bayi 9 bulan. Mudah untuk dikombinasikan dengan makanan lain dan dikenalkan pada anak, dan juga memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan fisik bayi.

  • Tahu

Seperti keju cottage, tahu mempunyai tekstur yang baik untuk bayi 9 bulan tanpa memberikan rasa yang terlalu baru untuk bayi tersebut. Tahu juga dapat dikombinasikan dengan makanan lain, sehingga bayi dapat memulai mengembangkan rasa ingin tahunya dengan makanan baru.

  • Pisang

Pisang yang matang mempunyai bentuk yang memudahkan bayi untuk dengan mandiri, memegang sendiri makanannya dan mempunyai tekstur yang cukup lembut sehingga bayi tidak perlu untuk mengunyah. Orang tua juga dapat digunakan untuk mengenalkan makanan dengan struktur yang lebih padat di tahapan perkembangan berikutnya.

Baca juga  Membantu Anak Mulai Bicara

Source

https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-9mo.html

Gavin, M.L. (n.d.) Feeding Your 9-to-12-Month Old. Kidshealth.org. Disadur dari: https://kidshealth.org/en/parents/feed812m.html

Torroll, B. (n.d.) Feeding Your 9-to-12-Month-Old. Parents.com. Disadur dari: https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/feeding-9-12-month-old-baby/

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-9-month-old#1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *