Doa Pernikahan Yang Perlu Anda Tahu

Pernikahan adalah hal yang syakral. Itu adalah prosesi suci yang menyatukan dua insan manusia dalam satu ikatan yang kuat. Quran menyebutnya dengan mitsaqan galidza, ikatan yang begitu kuat.

Nah bagi anda yang akan menikah atau akan menghadiri pernikahan sudah semestinya kita mendoakan kedua mempelai agar kehidupannya senantiasa berada dalam keberkahan dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Selain itu ada beberapa doa yang bisa kita ucapkan saat kita mengunjungi pernikahan. Berikut adalah doa-doa yang perlu kita sampaikan dalam pernikahan.

Doa Pernikahan

Doa yang penting untuk diucapkan kepada pengantin adalah doa yang berdasarkan kepada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang menyatakan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW saat ada sahabat yang menikah beliau akan memberikan ucapan dan doa sebagai berikut

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Barakallah laka wa Baraka alayka wa Jama’a Baynakuma fi Khairin”

artinya : Semoga Allah memberimu keberkahan yang berlimpah dan menyatukan dirimu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan. (HR. Abu Dawud)

Selain doa diatas ada juga doa lain yang bisa disampaikan saat menghadiri pernikahan dengan lapadz yang lain adalah hadits yang diriwaytkan oleh imam Ahmad yang berbunyi sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“Allahumagfirlahum, warhamhum, wa barik lahum ma fii rozaktahum”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan sayangilah mereka dan berikanlah mereka keberkahan dari apa yang engkau karuniakan” (HR. Ahmad).

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

“Allahumma barik lahum, fii rozaktahum wagfirlahum, warhamhum”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim).

Ini adalah doa yang begitu dalam karena yang dimintakan adalah keberkahan bagi pengantin dan harapan agar keduanya disatukan dalam kebaikan. Doa yang perlu dijadikan sebagai petunjuk bagi pemberi doa dan pengantin dalam menjalankan rumah tangganya.

Baca juga  Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *