Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Cara 2BMendapatkan 2BAnak 2BKembar 300x216 - Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Banyak orang yang memiliki pertanyaan bagaimana cara membuat anak kembar secara alami? Tentu tidak ada jawaban pasti dari pertanyaan.

Pertanyaan ini sering muncul karena memiliki anak kembar secara alami tentu sangat dinantikan banyak pasangan. Tingkah laku bayi yang lucu dan menggemaskan menjadi berlipat-lipat saat memiliki anak kembar.

Berbagai Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami?

Dari berbagai informasi yang tersedia, kami share dibawah ini beberapa cara membuat anak kembar secara alami. Lebih tepatnya beberapa faktor yang bisa mendorong mendapatkan anak kembar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

  1. Faktor Keturunan Kembar

Faktor keturunan menjadi alasan paling kuat suatu keluarga memiliki anak kembar. Riwayat anak kembar di dalam keluarga terutama dari pihak istri akan memperbesar peluang untuk mendapatkan anak kembar. Caranya cari pasangan yang memiliki riwayat anak kembar.

Menurut beberapa informasi, keturunan anak kembar dari istri lebih kuat dari suami. Kenapa riwayat anak kembar dari pihak istri bisa lebih besar? Hal ini dikarenakan aspek genotip dari ibu lebih berperan dalam proses ovulasi (pembuahan).

Istri yang memiliki gen kembar berpotensi mengalami proses ovulasi ganda. Jika keluarga dari istri memiliki anak kembar, maka kesempatan pasangan mendapat anak kembar meningkat 4x lipat.

Nah menurun penelitian faktro keturunan juga terkait dengan faktor genetic dari ras tertentu. Misalnya keturunan Afrika memiliki peluang paling tinggi untuk memiliki anak kembar, diikuti oleh keturunan Eropa. Sementara itu ras Hispanik dan Asia memiliki kesempatan lebih rendah untuk memiliki anak kembar.

Jadi untuk membuat anak kembar carilah pasangan yang memiliki riwayat anak kembar di keluarganya.

  1. Hamil di Usia Matang

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa kehamilan yang terjadi di atas usia 35 tahun memiliki peluang mendapatkan anak kembar lebih besar dibanding kehamilan di usia sebelumnya. Menurut penelitian kehamilan pada usia 40 dan 45 tahun bisa meningkatkan peluang mendapatkan anak kembar masing-masing 7% dan 17%.

Baca juga  3 Rahasia Obat Pilek Untuk Anak

Meskipun begitu, kehamilan di usia tersebut secara medis tidak dianjurkan karena berisiko mengalami berbagai komplikasi kesehatan. Sehingga jika anda memutuskan untuk hamil di usia itu sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter.

Faktor ini juga terkait dengan informasi bahwa perempuan yang pernah mengalami 4 kali kehamilan lebih berkesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan anak kembar.

So, faktor ini mungkin bukan cara mendapatkan anak kembar yang utama. Namun layak untuk dipertimbangkan.

  1. Hamil Ketika Menyusui

Menyusui dipercaya bisa menjadi metode kontrasepsi alami, karena kadar prolaktin yang tinggi, dan siklus menstruasi berubah atau terhenti. Namun, setelah 6 bulan melahirkan, siklus menstruasi akan secara bertahap kembali normal.

Hal ini lah yang diklaim bahwa wanita yang masih menyusui memiliki kemungkinan anak kembar lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui memiliki peluang 9 kali lebih besar untuk bisa memiliki anak kembar.

  1. Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Faktor lain yang bisa memperbesar kemungkinan memiliki anak kembar adalah faktor makanan. Mengkonsumsi makanan tertentu dipercaya bisa membantu mendapatkan keturunan kembar. Karena makanan tertentu bisa mempengaruhi tingkat kesuburan sehingga peluang mendapatkan anak kembar semakin besar.

Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya bisa mendorong peluang mendapatkan anak kembar:

Makanan yang Mengandung asam folat

Asam folat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil kerena membantu mempercepat proses ovulasi. Asam folat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat atau dengan mengonsumsi suplemen asam folat.

Berikut beberapa daftar buah dan sayuran yang tinggi akan folat.

  • Kacang-kacangan

seperti kacang hijau, kacang merah, kecambah dan kacang tanah. Dengan mengonsumsi secangkir kacang, kita bisa mendapatkan asupan folat sekitar 180 mikogram. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir separuh kebutuhan folat setiap harinya.

  • Buah-buahan

Buah-buahan tertentu seperti pisang, melon, alpukat, mangga, dan kelurga citrus (Segala macam jeruk).

  • Sayuran

Sayuran seperti asparagus, brokoli, kubis, selada, sawi dan bayam.

  • Hati hewan

Hati Hewan kaya akan asam folat dan merupakan makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi.

  • Ubi-Ubian

Ubi Jalar mampu merangsang sel telur agar berbuah dan matang lebih cepat serta berbuah lebih dari satu. Nutrisi dalam ubi ubian seperti singkong dan kentang diyakini dapat merangsang ovarium untuk memproduksi lebih dari 1 sel telur selama ovulasi. Dengan demikian peluang memiliki anak kembar akan lebih besar.

  • Produk susu

Mengkonsumsi produk susu dan olahannya terutama susu sapi memiliki peluang lima kali lebih besar untuk memiliki anak kembar. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi produk susu selama rentang waktu perencanaan kehamilan akan meningkatkan kesempatan mereka untuk memiliki anak kembar sebanyak 5 kali dibanding wanita yang tidak melakukannya.

  • Tiram

Makanan ini baik dikonsumsi oleh suami. Karena tiram mengandung zinc yang mendorong produksi sperma lebih banyak dan lebih sehat. Selain itu gerakan sperma ketika menuju sel telur akan lebih cepat dan memperbesar peluang untuk membuahi dua sel telur.

Baca juga  Gejala Demam Berdarah pada Anak

Selain makanan diatas, konsumsi suplemen kesuburan juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan anak kembar.

Konsumsi Suplemen kesuburan

Suplemen kesuburan membantu meningkatkan peluang memiliki anak kembar karena bisa membantu menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi.

Dokter bisa memberi suplemen dalam bentuk hormon eksogen atau obat-obatan seperti clomiphene sitrat yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi dengan beberapa sel telur.

  1. Faktor lokasi dan cuaca

Berdasarkan MD Health, anak kembar juga dipengaruhi oleh lokasi dan cuaca dimana pasangan tinggal. Pasangan yang hidup di daerah dengan cuaca hangat dan panas serta paparan sinar matahari yang cukup memiliki peluang lebih besar untuk memiliki bayi kembar.

Para peneliti meyakini bahwa cahaya dan cuaca yang hangat meningkatkan sekresi FSH (follicle stimulating hormone).

  1. Program Bayi Kembar (Bayi Tabung)

Selain faktor alami diatas mendapatkan anak kembar bisa ditempuh dengan metode fertilisasi buatan. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan sekarang jumlah anak bisa didorong dengan teknologi in vitro fertilization.

Metode ini lebih dikenal dengan istilah bayi tabung, yang banyak ditawarkan di banyak rumah sakit. Metode lain disebut dengan inseminasi Intracytoplasmic.

Baca juga  5 Resep Obat Batuk Tradisional untuk Bayi

Dua layanan ini memungkinkan untuk menanamkan lebih dari satu embrio dalam rongga rahim. Meski tidak selalu berhasil dan menyebabkan embrio yang ditanam bertahan hidup, tetapi tingkat keberhasilan metode ini cukup tinggi.

Secara teoretis, metode inibahkan bisa membantu menentukan jenis kelamin anak yang dikandung. Secara sederhana, dengan bantuan dokter ahli maka satu atau beberapa embrio akan ditanamkan pada rahim perempuan.

Meski begitu metode ini cukup mahal dan tidak banyak pasangan yang bisa menjangkaunya. Berusaha dan berupaya secara alamiah tentu menjadi pilihan utama.

Penutup

Demikianlah beberapa faktor yang bisa mendorong untuk mendapatkan anak kembar secara alami.

Meski begitu, satu hal yang perlu ditekankan bahwa berapapun jumlah anak kita, mau tunggal atau kembar, harus disadari bahwa anak adalah titipan yang harus diurus dan dikelola dengan sebaiknya.

Berusaha untuk mendapatkan anak kembar boleh-boleh saja, namun berapapun anak yang dititipkan harus diterima dengan penuh kebahagiaan dan keikhlasan.

Selamat menerapkan beberapa alternative faktor diatas dan semoga berhasil.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *