Bagaimana Supaya Anak Tumbuh Sukses?

Sebagai orang tua, kita tentu menginginkan anak kita menjadi anak yang sukses dalam kehidupannya. Lalu bagaimana kita bisa membuat dia sukses? Orangtua terkadang berpandangan bahwa itu (kesuksesan) bisa didapatkan jika sang anak memiliki kemampuan intelektualitas yang baik. Salah satunya biasanya diukur dengan tinggi rendahnya IQ (intellectual quotient).

Namun sayangnya menurut Michio Kaku salah seorang pakar psikologi IQ itu tidak sepenuhnya menjamin seseorang menjadi sukses. Dalam kata lain, Michio Kaku menyatakan bahwa tinggi rendahnya IQ bukan prediktor yang akurat untuk memprediksi kesuksesan seseorang. Karena ada aspek lain yang harus dimiliki sesoerang untuk menjadi sukses.

Dalam video yang viral di facebook, dalam sebuah wawancara dengan Tom Bilyeu, Michio Kaku menyatakan bahwa salah satu tes yang ampuh untuk memprediksi kesuksesan seorang anak bukan tes IQ tapi Marshmallow test.

Marshmallow test adalah tes sederhana kepada anak denga memberikan dua opsi sederhana “Apakah mau satu buah marshmallow sekarang? atau dua Marshmallow tapi harus menunggu dua jam lagi?”. Meski banyak yang menyangka bahwa tes ini terlalu sederhana dan hanya berlaku bagi anak kecil, namun Michio Kaku menyebutkan bahwa test ini bisa memprediksi banyak hal.

Baca juga  Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Test ini sebetulnya memprediksi kecerdasan seorang dalam membuat keputusan dengan mempertimbangkan banyak hal dan berpikiran jauh ke depan. Anak yang memilih opsi pertama biasanya cenderung untuk memilih hal yang instan dan tidak kuasa untuk berpeluh keringat berproses untuk mendapatkan sesuatu. Ia akan mengharapkan tantangan yang mudah dan berpikiri hanya untuk kepentingan jangka pendek.

Sementara anak yang memilih opsi kedua dia belajar untuk menahan diri dan berusaha keras untuk mencapai target besar di masa yang akan datang. Ia lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan berat dan berjuang untuk mencapai cita-citanya. Anak seperti ini tumbuh menjadi pribadi yang penuh imajinasi dan berpikir besar.

Tentunya ilustrasi ini mengingatkan kita akan pentingnya kecerdasan emosional untuk dimiliki oleh setiap anak agar berhasil dalam kehidupannya. Anak yang tangguh dan tidak mudah menyerah akan mendapatkan pencapaian-pencapaian besar dalam hidupnya dan menjadi orang yang lebih sukses dalam kehidupannya. Michio Kaku juga menambahkan bahwa teori yang dia sampaikan ini juga sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian longitudinal.

Baca juga  Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Ia juga menambahkan bahwa ini adalah bentuk kecerdasan yang utama yang harus dimiliki oleh seorang anak. Faktor eturunan memang punya pengaruh besar dalam membentuk dan mendapatkan sikap dan mental seperti itu. Meskipun begitu, Michio Kaku juga menjelaskan bahwa kemampuan seperti ini juga bisa didapatkan dengan melakukan dan merangsang anak sejak dari kecil untuk berani berproses dan tidak mudah menyerah. Jadi semua itu bisa juga dipelajari dan dilatih.

So, bagi para orang tua millenial di zaman modern ini kita perlu untuk tidak saja memperhatikan nilai IQ anak kita tapi juga perkembangan mentalnya. Karena kecerdasan otak tidak cukup membuat anak kita sukses di masa yang akan datang, namun juga perlu dibarengi dengan kecerdasan mental dan hati.

Selengkapnya silahkan simak video dari Michio Kaku berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *