21 Jenis Makanan dan Minuman Pereda Batuk

Batuk adalah gejala umum saat flu dan kelelahan. Saat batuk kita merasakan ketidaknyamanan dalam beraktifitas. Penyebabnya salah satunya karena kondisi tubuh yang kurang fit karena bekerja dan kurang istirahat.

Para ahli kesehatan menemukan kaitan antara batuk dengan menurunnya kekebalan tubuh. Untuk bisa sembuh dari batuk yang utama adalah istirahat dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Pilihlah makanan yang bisa mengurangi peradangan di tenggorokan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengencerkan lendir serta tidak merangsang produksinya.

Makanan dan Minuman Yang Mengandung Probiotik dan Vitamin C

Makanan yang perlu dikonsumsi adalah makanan yang mengandung probiotik, karena bisa mendukung system kekebalan di dalam tubuh. Zat lain yang diperlukan adalah vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan, selain mendukung kekebalan tubuh, ia juga meningkatkan sel darah putih. Selain probiotik dan vitamin C, zat lain yang baik untuk kekebalan adalah Zinc.

Vitamin C bisa kita temukan di beberapa buah-buahan seperti jeruk, tomat, lemon, pepaya hingga strawberry. Sementara zinc bia ditemukan dalam daging, ayam, kacang tanah, dan selai kacang.

Jenis Makanan atau Rempah-rempah Pereda Batuk

Bawang putih

Mungkin bawang putih lebih pas disebut sebagai rempah-rempah. Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan terhadap infeksi dan stres.
Penyebabnya karena bawang putih mengandung allicin, senyawa yang bisa membunuh mikroorganisme yang bisa menginfeksi pernapasan. Sehingga bawang putih memiliki sifat antibakteri, antimikroba, antiviral dan anti jamur.

Bawang putih bisa dicampurkan ke dalam makanan, misalnya dengan menghancurkannya disertai dengan cengkeh. Cara ini bisa melepaskan cairan di bawang yang bagus untuk kekebalan tubuh.

Bawang putih juga bisa dikonsumsi sebagai teh. Caranya rebus bawng putih dalam panic, kemudian setelah airnya telah dingin tambahkan satu sendok teh madu dan minum campurannya.

Baca juga  2 Hal Penting Soal Autism dan Anak Berkebutuhan Khusus

Rasanya belum tentu terasa enak, tapi kandungannya bisa membantu di kala batuk.

Keju dan produk olahan susu

Produk olahan susu termasuk keju mengandung asam linoleat terkonjugasi, yaitu komponen lemak susu yang mendukung kekebalan tubuh.

Yogurt

Nah kalo yogurt tentu karena ia mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang baik untuk kekebalan tubuh. Selain itu yogurt juga mengandung vitamin D yang bisa mencegah flu dan infeksi pernapasan.

Ubi merah

Umbi banyak mengandung antioksidan yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan akan meningkatkan sistem imun sehingga virus dan bakteri pun ogah menempel lama di tubuh Anda.

Cabai

Cabai banyak mengandung vitamin C dan vitamin D baik untuk daya tahan tubuh. So, nggal usah khawatir makanan pedas saat pilek. Karena saat makan cabai ia akan membantu meningkatkan aliran darah dan mengeluarkan keringat. Proses ini membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Jamur

Jamur mengandung beta glucan membantu melawan infeksi dan bakteri jahat di tubuh. Jamur tumis atau sup jamur sangat disarankan untuk mengurangi hidung tersumbat.

Sup atau Kaldu

Mau sup atau kaldu AyamS atau sup Iga baik dikonsumsi saat anda batuk atau pilek. Alasannya karena masakan ini membantu melancarkan cairan dalam hidung, mengurangi lendir di saluran pernafasan, menenangkan otot, membantu detoksifikasi, serta melancarkan aliran darah serta oksigen.

Belum lagi rasa dan aroma dari sup bisa menjadi bagian penting dari efek yang menguntungkan untuk proses penyembuhan. Sop Ayam atau Iga juga kalo diambah sayuran mengandung vitamin dan mineral ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Makanan ini juga menambah energi sehingga mencegah pusing dan tubuh lemas.

Buah-buahan Pereda Batuk

Jeruk dan Lemon

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi (54 mg / 100 gram). Vitamin C membantu melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah. Jeruk juga mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama.

Baca juga  Dua Hal Penting Soal Obat Diare Anak

Untuk lemon ia memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Lemon juga membantu memerangi infeksi di tenggorokan sehingga mengurangi batuk yang parah.

Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C alami berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh. Kiwi juga mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk.

Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan. Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

Mangga

Buah yang kaya akan betakaroten dan vitamin C ini bisa menjadi pilihan untuk mendorong sistem pertahanan tubuh dan pelindung terhadap kerusakan sel.

Alpukat

kandungan vitamin dan gizi pada alpukat sangat banyak sehingga memngkonsumsi buah alpukat setiap hari dapat juga membantu agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Pepaya

Kandungan B9 dan folat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun, sehingga baik dikonsumsi saat penyembuhan.

Jambu biji

Jambu biji banyak mengandung vitamin-C dan zat besi yang terbukti ampuh mencegah infeksi dingin dan virus.

Apel

Ramuan tradisional dari buah apel terbilang cukup efektif sebagai penghilang batuk berdahak secara alami dan cepat. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah satu buah apel. Potong menjadi empat, kukus selama kurang lebih 10-20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengonsumsinya tiga kali sehari sampai batuk mereda.

Pisang

Pisang merupakan salah buah yang mengandung vitamin B6 yang bisa membantu menyembuhkan flu dan batuk. Haluskan pisang dengan dengan sendok kayu atau garpu, kemudian taruh pisang tumbuk ke dalam panci dan tambahkan air mendidih. Biarkan selama setengah jam hingga dingin, lalu tambahkan madu. Anda bisa langsung mengonsumsinya, atau menyaring lalu meminumnya.

Baca juga  Pentingnya 6 Imunisasi untuk bayi dan Fungsinya

Minuman Untuk Meredakan Batuk

Jahe segar

Jahe membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi serta antibakteri dan anti jamur. Efek hangatnya juga membuat tenggorokan lebih tenang.

Caranya : Buatlah teh jahe dengan satu ons jahe segar dalam setengah liter air. Tutup dan didihkan selama 10 menit dan tambahkan lemon serta madu secukupnya.

Teh Madu dan Lada

Lada hitam membantu mengeluarkan infeksi di dada. Sedangkan Madu itu antibakteri dan membantu mengurangi lendir.

Cara konsumsi, satu sendok teh lada hitam dan satu sendok makan madu ke ditabur ke dalam secangkir air mendidih. Aduk dan simpan salaam kira-kira 10 menit, kemudian baru diminum. Lakukan sekira dua kali sehari untuk membantu mengurangi dan melonggarkan lendir.

Teh Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang bisa membuka saluran udara dan membantu memecah lendir. Teh peppermint bisa dikonsumsi dengan ditambah madu dan jus lemon untuk hasil yang lebih baik lagi.

Air putih

Ini juga paling utama yaitu banyaklah minum air putih. Air putih membantu mengencerkan lendir di tenggorokan. Pastikan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi dan mencegah tenggorokan kering. Sebaiknya minum air putih yang tidak dingin tetapi hangat.

Hindari minuman manis

Minuman manis akan memicu peradangan dan produksi lender. Karenanya selama batuk dan pilek sebaikya hindari makanan dan minuman manis seperti jus, cokelat, dan makanan olahan.

Demikianlah beberapa makanan, minuman dan cemilan yang baik dikonsumsi saat sedang batuk. Semoga membantu dan segera kembali sehat.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *