13 Obat Batuk Alami Yang Banyak Dilupakan

Batuk bisa menyerang siapapun yang kondisi fisiknya sedang tidak stabil. Dan karenanya harus segera ditanggulangi dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Namun begitu jika anda terserang batuk ada banyak ‘obat’ alami yang bisa dikonsumsi untuk segera membuat anda pulih.

Berikut ini kami urutkan daftarnya 13 obat alami untuk membantu menyembuhkan batuk dengan menyebutkan khasiat dan cara konsumsinya.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki beberapa manfaat seperti melemaskan otot-otot pernapasan, menurunkan panas, dan mengatasi suara serak. Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi membantu meningkatkan ketahanan tubuh. Jeruk nipis juga mengandung minyak atsiri yang membuat tenggorokan lega menekan keinginan untuk batuk dan membuat tenggorokan ploooong.

Cara konsumsi nya yaitu jeruk nipis diperas dan diseduh dengan air panas. Tidak perlu ditambahkan dengan gula lagi. Jika ingin tidak asam, tambahkan madu agar rasanya lebih manis, jangan kebanyakan cukup 1-2 sendok saja.

Selain dengan madu untuk menetralisir rasa asam bisa juga ditambahkan kecap manis, Campuran madu atau kecap sama sekali tidak akan mengubah atau mengurangi khasiat perasan jeruk.

 

Supaya lebih cepat sembuh, minumlah jeruk nipis atau campurannya 2 hingga 3 kali dalam sehari. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

  1. Kulit jeruk mandarin

Kulit jeruk mandarin juga punya manfaat untuk melegakan tenggorokan. Bisa juga mengobati batuk kering. Kulit jeruk mandarin bisa diminum anak-anak karena semua bahannya alami.

Cara konsumsi yaitu dengan merebus kulit jeruk mandarin yang sudah dikeringkan sebanyak kurang lebih 10 gram dengan dua gelas air lalu tambahkan 25 gram kencur diiris tipis. Rebus semua bahan ini dan tunggu hingga menjadi satu gelas. Setelah itu maka jeruk siap untuk dikonsumsi sebagai ramuan obat alami.

  1. Jahe dan Jahe Merah

Jahe atau jahe merah cocok untuk mengobati batuk kering atau batuk berdahak. Cara kerja jahe adalah mengurangi rasa gatal di tenggorokan, melegakan saluran tenggorokan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga mengurangi mual yang dirasakan saat terkena flu.

Baca juga  Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Jahe bersifat anti inflamasi karena mengandung senyawa gingerol, ia juga merupakan antioksidan yang bisa melawan virus dan bakteri di saluran pernapasan. Selain itu jahe juga mengandung minyak astiri, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Jahe merah mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak daripada jahe biasa.

Cara konsumsi jahe bisa dengan menjadikannya wedang jahe, atau mencampurkannya dengan minuman hangat seperti teh. Jahe juga bisa langsung dikonsumsi dengan cara langsung dikunyah dan ditelan airnya dan buang ampasnya. Namun sebelum dikonsumsi sebaiknya jahe dikupas terlebih dahulu.

Air rebusan jahe dapat dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Sebab biasanya batuk semakin menjadi-jadi saat malam hari. Oleh karena itu, agar tidur bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah segelas wedang jahe sebelum tidur.

  1. Daun sirih

Daun sirih juga mampu membantu menyembuhkan batuk berdahak. Dalam penggunaan lain sirih juga bisa digunakan sebagai antiseptic alami untuk mengobati luka. Dalam hal batuk, sirih berfungsi untuk mengobati radang di tenggorokan.

Caranya cukup mudah, rebus daun sirih, bisa juga dicampur dengan beberapa irisan jahe. Untuk takaran 5 lembar daun sirih bisa dicampur dengan 3 gelas air, kemudian direbus hingga mendidih dan jadi 2 gelas.

Kemudian minum air rebusan daun sirih dan jahe sebanyak satu kali dalam sehari.

Minum di pagi dan malam hari secara berkala hingga batuk berdahak hilang.

  1. Belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh rasanya asam, dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan sayur asam atau manisan. Namun ternyata belimbing wuluh punya khasiat untuk menyembuhkan batuk.

Caranya yaitu dengan memarut belimbing wuluh, kemudian masukkan parutan tersebut ke dalam segelas air. Tambahkan sedikit garam, lalu saring dan buang ampasnya. Minum hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari.

  1. Kunyit

Kunyit bisa mengatasi peradangan saluran pernafasan yang biasanya menyebabkan batuk kering. Salah satu penyebabnya karena kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti virus, anti bakteri, dan anti inflamasi yang kuat.

Baca juga  6 Rahasia Mewujudkan Keluarga Harmonis

Cara menggunakan kunyit sebagai obat batuk yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit dan bubuk merica ke dalam air mendidih. Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara lain kunyit juga bisa dicampur dengan susu untuk membantu dalam mengobati infeksi yang jadi penyebab batuk kering.

  1. Cabai Jawa

Mungkin anda kaget mendengar cabai bisa menyembuhkan batuk. Penyebabnya adalah kandungan vitamin C dan vitamin D yang bisa membantu memperbaiki kekebalan tubuh.

Cara menggunakan cabai sebagai obat batuk adalah dengan menumbuk cabai jawa keriting hingga halus, kemudian campurkan dengan madu. Minum secara rutin sebanyak satu kali dalam sehari.

  1. Daun kayu putih

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, ternyata kayu putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit batuk. Ingat ya, Daun kayu putih, bukan minyak kayu putih.

Caranya rebus daun kayu putih di dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat.

  1. Asam Jawa dan Gula Merah

Selain berguna sebagai pelezat masakan, perpaduan antara asam jawa dan gula merah juga bisa mengobati sakit batuk.

Caranya persiapkan 10 daging buah asam jawa, kemudian seduh dengan segelas air panas, dan tambahkan dengan gula merah secukupnya. Campur dan aduk seluruh bahan hingga rata. Jika sudah rata, minum selagi hangat.

  1. Kencur

Kencur juga memiliki kandungan minyak atsiri yang berkhasiat untuk mengatur otot-otot di saluran pernapasan sehingga tenggorakan akan berasa lega dan menekan rasa ingin batuk. Selain itu layaknya jahe, kencur juga memberikan sensasi hangat baik di saluran pernapasan maupun tubuh.

Cara menggunakannya yaitu parut kencur hingga halus, bisa juga dicampur dengan jahe. Setelah halus, kemudian, rebus campuran tersebut pada segelas air mendidih. Setelah mendidih, saring dan buang ampasnya. Minum hasil rebusan tersebut selagi hangat.

  1. Lada hitam

Lada hitam mengandung zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dan aliran lendir di postnasal drip jadi tertahan agar tidak masuk ke tenggorokan. Lada hitam akan memanaskan pernapasan yang kemudian berguna untuk membersihkan bakteri penyebab batuk kering. Lada hitam banyak digunakan sebagai obat batuk tradisional dari Cina.

Baca juga  Doa untuk Orang Tua

Caranya yaitu dengan mencampurkan sejumput lada hitam dengan satu sendok madu. Takarannya 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu dicampur dalam cangkir. Lalu tuang dengan air panas dan tutup gelas selama 15 menit. Sesudahnya teh disaring dan diminum 3 kali sehari.

  1. Nanas

Sebuah penelitian menemukan bahwa nanas mengandung bromelain, sebuah enzim yang hanya ditemukan pada tunas dan buah nanas. Zat bromelain yang dipercaya bisa menekan batuk, mendorong dahak, serta mengencerkan lendir pada tenggorokan.

Caranya anda dapat mengonsumsi sepotong nanas atau meminum jus nanas sebanyak 100 ml sebanyak tiga kali sehari.

  1. Madu

Madu memang dikenal bisa menyembuhkan banyak penyakit. Dan untuk batuk, madu sudah digunakan sejak lama. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan madu lebih ampuh untuk mengobati batuk kering dibanding obat yang mengandung dextromethorphan, yakni sebuah zat yang dapat menekan rasa batuk sekalipun.

Madu dapat mengurangi dan mengobati iritasi pada tenggorokan. Bahkan sebagai obat batuk anak, madu telah diakui langsung oleh World Health Organisation (WHO).

Cara menggunakannya adalah dengan meracik dua sendok teh madu dengan teh atau air hangat dan lemon. Madu juga bisa digunakan sebagai olesan sebagai selai pada roti tawar.

Madu bisa diminum beberapa jam sekali dan juga baik untuk meyembuhkan batuk pada anak-anak dan orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *